Wednesday 22 February 2012

Batik Lasem Naga Merah Sang Kyai

Batik Lasem Naga Merah (Red Dragon) menjiwa dalam kharisma Kyai Haji Musthofa Bisri asal Rembang, Jawa Tengah. Dua Naga Merah meliuk di kedua lengan. Satu Naga Merah besar memback up dari balik punggung. Ketiga Naga Merah ini seakan turut memperdalam makna setiap kata yang terlontar dari Sang Kyai.
Eleganitas Batik Lasem Naga Merah ini muncul saat kyai yang akrab disapa Gus Mus ini tampil di acara Kick Andy yang disiarkan Metro TV pada Jum’at malam, 7 Oktober 2011.
Saat itu Gus Mus mengenakan kemeja lengan panjang Batik Lasem Naga Merah berwarna dasar hitam dengan isen-isen bunga melati putih. Ada tiga ornament Naga Merah. Dua Naga Merah kecil dan satu Naga Merah besar.
Mengamati tampilan kemeja Batik Lasem Naga Merah Gus Mus, tampak dua ornament Naga Merah kecil diposisikan di dua lengan panjangnya. Satu ornament Naga Merah besar diposisikan disisi belakang baju, tepatnya dipunggung.
Eksistensi motif Naga Merah dalam disain kemeja Sang Kyai tersebut sekilas menjadi tidak terlalu dominatif. Fokus perhatian tersapu pada bunga-bunga melati putih. Naga merah seakan hanya berposisi sebagai pelengkap, yakni sebagai isen-isen Batik Lasem.
Namun persepsi ini sontak berubah kala kedua lengan Gus Mus bergerak. Setiap tangan Gus Mus bergerak, tampak jelas ada Naga Merah bergerak meliuk. Gerakan lengan Gus Mus memicu aksi dinamis hewan mitologi ini, sehingga tak henti-hentinya memancarkan aura eleganitas dan kegagahan

No comments:

Post a Comment